Minggu, 07 April 2013

Menurut Ku Dewasa Itu,,,,


Dewasa?
Apa yang dimaksud dengan dewasa..??
Pertanyaan ini terlontar dari mulut teman ku dan aku pun diam sejenak, mencoba memahami maksud pertanyaan dan menggali lebih dalam tentang pengertian apa itu ‘dewasa’

menurutku sendiri dewasa adalah menginggalkan sifat kekanak-kanakan, menjadi dewasa berarti kita tumbuh berkembang. Bukan hanya fisik nya saja yang membesar tapi sifat dan pola pikir pun menjadi  lebih berkembang.

‘Dewasa’ itu bertolak belakang dari ‘kekanak-kanakan’
Jadi, apakah dewasa itu dapat dilihat dari usia?
Atau sikap formalnya yang selalu tampak serius dan tidak pernah bercanda?
Ataukah dari penampilan yang “tampak tua”?

Hmmm,, topic ini menarik untuk dibahas karna kebanyakan orang masih belum tahu persis apa itu ‘dewasa’ mari kita telusuri lebih lanjut

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Dewasa merupakan sifat yang bertolak belakang dari sifat ‘kekanak-kanakan’. Kemudian apa itu sifat kekanak-kanakan?
ada banyak sifat kekanak-kanakan, namun disini akan kita bahas 2 saja. Karna menurut saya ini penting dibahas,, sifat pertama adalah Tidak Mandiri, kedua adalah Egois…



Ketidak Mandirian adalah ketidakmampuan untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu tanpa ‘tergantung’ orang lain. Seseorang dikatakan belum mandiri jika masih tergantung orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. 

Tentu saja kita manusia sebagai makhluk sosial pasti tidak bisa hidup sendirian, kita butuh keluarga, kita butuh teman, kita butuh masyarakat di lingkungan sekitar kita. Tanpa kita sadari kita hidup karena ada bantuan dari orang lain secara tidak langsung.

Seseorang yang sudah dewasa akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh sesuatu yang dia inginkan tanpa bergantung kepada orang lain. Dia bisa menilai sejauh mana kemampuannya, bisa mengukur kekuatannya sendiri, dan tau kapan butuh bantuan kapan harus mengerjakannya sendiri.

Egois adalah sikap yang mencerminkan sikap kekanak-kanakan lainnya,, seseorang belum dikatakan dewasa jika dia hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa mempedulikan orang lain. Seseorang yang telah dewasa dapat menahan rasa ‘inginnya’ terhadap sesuatu dan mendahulukan kepentingan orang banyak.

Egois juga kita kenal dengan sifat yang mau menangnya sendiri. seperti anak-anak yang dengan mudahnya merengek kepada orang tuanya karna keinginannya tidak dipenuhi, dia tidak peduli dengan keadaan orang tuanya yang tidak mampu memberikan apa yang ia inginkan, yang dia pikirkan adalah dirinya sendiri.

Seseorang yang sudah dewasa memiliki sikap peduli terhadap sesama. Dia lebih senang berbagi dan memberi, dari pada diberi oleh orang lain. Baginya kebahagiaan sejati bukanlah pada saat mendapatkan apa yang ia inginkan, melainkan pada saat dia dapat memberikan bantuan dan kebahagiaan kepada orang lain.

sebenarnya masih banyak lagi pengertian tentang 'dewasa', tapi entah kenapa masih tertahan di kepala,,, :|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar